Jumat, 24 Juli 2009

'Sii Bolang Autis'

Mau sedikit me-review ke kehidupanku sebelumnya nih, walaupun sudah agak lama namun kejadian ini sangat penting bagiku dan yang pasti tidak pernah 'basi' dalam sejarah hidupku. Di mana ini adalah sebuah langkah awal diriku untuk memercikan lebih banyak warna ke atas kanvas kehidupanku.

*Aku Si Bolang*
Semua ini berawal dari diriku yang sangat hobby sekali berpergian ke tempat-tempat baru, terlebih lagi aku melakukannya sering kali hanya seorang diri. Oleh karena itu, teman-teman menyebutku 'bolang autis', bocah belang yang selalu melakukan petualangannya seorang diri. (ckckck.. parah yang ngatain tuh!!!)
Waktu itu, kurang lebih sekitar tiga bulan yang lalu ketika aku masih duduk di kelas XI, sekolahku mengadakan study tour ke Bali-Jogja yang dilaksanakan bertepatan dengan Ujian Akhir Nasional untuk para siswa kelas XII. Maka dari itu kami yang saat itu duduk di kelas X dan XI diliburkan dalam waktu kurang lebih satu minggu. Aku berpikir, aku tidak akan bisa mengikuti kegiatan study tour itu, dikarenakan faktor ekonomi yang kurang mendukung. Jumlah biaya yang harus dikeluarkan cukup banyak, aku merasa dengan uang sejumlah itu akan banyak sekali yang bisa dilakukan (walaupun aku anak IPA, tapi prinsip ekonomi tak luput dari kehidupanku. Hahaha..) Maka aku memutuskan untuk tidak ikut study tour tersebut. *Eiits.. Tapi aku juga tidak akan menyia-nyiakan liburanku begitu saja. *hehehe, tetep yaa...*
Rencana awal liburanku adalah aku akan melakukan perjalanan ke Puncak untuk beberapa hari bersama seorang temanku. Kebetulan Abang sepupuku (tapi sudah aku anggap seperti abang kandungku sendiri), pada saat itu dia bertempat tinggal di daerah Puncak. Jadi aku bisa tinggal di sana untuk berlibur. Aku pun segera mengatur rencana keberangkatan ku menuju Puncak sejak beberapa hari sebelumnya.

***Parah!!! Untungnya saja aku masuk sekolah pada hari itu, di mana hari terakhir kami menduduki bangku sekolah sebelum liburan dimulai. Kertas-kertas dan instruksi-intruksi tugas baru dibagikan secara mendadak dari para guru untuk kami yang tidak mengikuti study tour ke Bali-Jogja. Tugas ini lah, tugas itu lah.. Sampai-sampai ada guru dari salah satu mata pelajaran kami, menugaskan kami untuk melakukan penelitian karya seni batik ke luar kota. Pilihan kotanya adalah Cirebon, Pekalongan, Solo, atau Jogja. *Dalam hatiku, 'Matilah aku...!!! Masa aku harus menghancurkan jadwal 'indah' ku sih?! zzz..*
Berpikir, berpikir, dan berpikir dalam waktu yang sesingkat-singkatnya sambil me-review lagi akan tugas-tugasku.

*TING...!!!* I HAVE SOME IDEA :D Setelah aku menyesuaikan tugas-tugas yang diberikan guru-guru ku, aku menemukan beberapa ide cemerlang. Ide yang datang dari seorang anak perempuan yang sedang lapar di siang hari dalam waktu yang sangat singkat ditambah hati sedang gundah gulana, itulah AKU pada saat itu. *huehehehehe*
Aku mengomplikasikan semua keadaan, walaupun saat itu aku sangat bingung harus bagaimana. Namun pada akhirnya aku memutuskan untuk melakukan perjalanan menuju Jogja, karena banyak sekali teman-temanku yang bertempat tinggal di sana. Satu lagi alasan mengapa aku memilih kota Jogja, karena aku akan memberi kejutan kepada teman-teman sekolahku. *TARAAA... Aku akan menemui teman-teman ketika mereka ada di Jogja...* Oops, jangan salah! Aku juga tidak akan membatalkan rencana awalku untuk berlibur ke Puncak!!

--GREAT!!! Awalnya, orang tuaku mendukungku untuk pergi ke Solo. Didorong karena ada saudara Papa ku tinggal di sana... *biar bisa numpang bobok dan sekalian sillaturahmi yang pasti.. :D* Wow, aku sempat bingung pada saat itu. Tapi itu berlangsung hanya sebentar saja. Aku memutuskan untuk pergi ke Solo, tanpa meninggalkan rencana ku untuk 'go to Jogja'. Toh Solo-Jogja hanya satu jam perjalanan menggunakan PRAMEX (Prambanan-Express)... ;) *kedip-kedip*
Segeralah aku pulang ke rumah untuk menyelesaikan tugas-tugas pelajaran-pelajaran yang lain, semalam suntuk aku tidak merasakan indahnya tidur hanya untuk menyelesaikan semua tugas-tugas 'the hell' itu yang tidak jelas juntrungannya. YEAAHHH...!!! Akhirnya selesai juga... hhhhh...
Mungkin terlalu asik mengerjakan tugas-tugas itu, aku baru ingat hari sudah siang (padahal aku belum bobo sejak kemarinnya lho.. Hehehe..) Tapi aku tidak bergegas tidur, aku tetap melanjutkan mataku untuk terus menatap layar laptop ku. Browsing jadwal dan biaya kereta api menuju kota-kota tersebut (sambil online facebook yang pasti.. :D), memilah dan memilih, serta menyesuaikan dengan keadaanku akhirnya aku menemukan keputusan yang tepat. KERETA EKONOMI seharga Rp. 28.000,- yang melewati stasiun-stasiun di Solo, aku pilih sebagai sarana pengantar ku ke kota itu. Segera aku membuat list barang bawaan untuk ke kota-kota tersebut dan packing aku lakukan pada malam hari. Tersusun sudah semuanya, semua barang teratur secara rapi walau cukup banyak yang terlupa untuk aku bawa. (maklum nenek-nenek, hehehe...)
Lelah tak terkira pada malam itu, tapi aku mengawali tidurku dengan tersenyum dan sambil berkata...
'BISMILLAH... PUNCAK, SOLO, JOGJA... I'M COMING...' :D

*to be continue..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar